Keren! SDIT Alam Al Hikmah Secang Sekolah Pertama Raih Adiwiyata Nasional Mandiri Kementrian LHK

JAKARTA - Satu kebanggaan bagi Kabupaten Magelang, SDIT Alam Al Hikmah Secang berhasil mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Kementian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Rabu(2/10) lalu. Acara penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri tahun 2024 berlangsung di Auditorium Dr Ir Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Alu Dohong dalam kesempatan itu menyampaikan dalam menghadapi tantangan pengelolaan lingkungan hidup yang semakin kompleks, pendidikan lingkungan hidup di sekolah memegang peranan yang sangat penting. Pendidikan lingkungan hidup tidak hanya  memberikan pengetahuan tentang permasalahan lingkungan hidup, tetapi juga menumbuhkan kesadaran, sikap peduli, keterampilan dan  perilaku yang merupakan tindakan nyata untuk menjaga lingkungan hidup.

“Dengan membekali mahasiswa dengan pemahaman lingkungan hidup yang komprehensif, kita dapat mengembangkan kader Adiwiyata yang akan menjadi agen perubahan untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih berkelanjutan,” katanya.

Dia menegaskan, sekolah sebagai lembaga pendidikan berperan penting dalam mengubah perilaku, membangun karakter, dan mencetak generasi penerus bangsa yang berwawasan lingkungan bahkan menurutnya pendidikan lingkungan hidup merupakan proses yang berkesinambungan dan sangat penting bagi masa depan planet ini.

 “Semakin cepat kita meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan, semakin besar peluang kita untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan lingkungan yang lestari dan lestari,” ujarnya.

Kepala Badan P2SDM KLHK, Ade Palguna Ruteka menjelaskan bahwa penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional Tahun 2024 diikuti oleh 1.028 sekolah. Menurutnya Setelah dilakukan seleksi administrasi, penilaian dokumen dan verifikasi lapangan, ditetapkan Sekolah Adiwiyata Mandiri sebanyak 208 sekolah dari 22 provinsi dan Sekolah Adiwiyata Nasional sebanyak 512 sekolah dari 31 Provinsi. 

” SDIT Alam Al Hikmah dinyatakan lolos seleksi administrasi dan melaksanakan verifikasi lapangan tanggal Rabu, 4 September 2024,” kata Ade.

Kepala SDIT Alam Al Hikmah, Endang Siami Septiana saat dihubungi Sabtu (04/10) menyatakan kebahagiaannya dapat meraih penghargaan tersebut. Dirinya menyampaikan dengan pembiasaan gerakan perilaku dan budaya lingkungan hidup sekolah yang selama ini dilaksanakan ternyata mendapatkan apresiasi dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

” Sebelumnya SDIT Alam Al Hikmah memperoleh penghargaan Adiwiyata Kabupaten tahun 2016, Adiwiyata propinsi tahun 2017, adiwiyata nasional 2019 dan sudah diperpanjang pada tahun 2024 dan adiwiyata mandiri tahun 2024,” jelasnya.

Sementara, Kabid PSPK DLH Kabupaten Magelang, Wulandari mengatakan SD IT alam Al Hikmah Secang tahun ini mendapatkan penghargaan karena telah menerapkan perilaku ramah lingkungan di sekolah. Selain itu, mengintegrasikan lingkungan hidup dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa belajar memilah dan mengolah sampah secara mandiri diantaranya dengan membuat pupuk organik padat maupun cair serta budidaya maggot. Siswa juga belajar konservasi air dan tanah diantaranya dengan memanfaatkan air bekas wudhu untuk menyiram tanaman secara rutin di sekolah.

“Dengan pembelajaran perilaku ramah lingkungan dan gaya hidup berkelanjutan diharapkan siswa sebagai generasi penerus bisa menjaga kelestarian alam serta meminimalisir terjadinya perubahan iklim. Semoga pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi anak didik, sekolah dan lingkungannya,”imbuhnya.

Dalam penerimaan penghargaan ini, Kabupaten Magelang mengirimkan 5 sekolah yaitu SD N Grabag 1, SD N Salaman 2, SMP N 1 Mungkid dan SMP N 1 Ngablak untuk meraih penghargaan adiwiyata Nasional, sedangkan SDIT Alam Al Hikmah menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri.

(Sumber: https://gemilangfm.id/keren-sdit-alam-al-hikmah-secang-sekolah-pertama-raih-adiwiyata-nasional-mandiri-kementrian-lhk.html)

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar