SDIT Usamah Gelar Wisuda dan Peluncuran Antologi Angkatan ke-18

TEGAL - TPQ Usamah bin Zaid SDIT Usamah Kota Tegal menyelenggarakan wisuda dan khotmil Qur’an bagi siswa siswi kelas VI angkatan ke-18. Acara ini mengusung tema ‘Grow Together, Reach Our Future’, Sabtu (22/6). Sebanyak 100 siswa diwisuda dalam kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Aula Kampus 2 UPS Jln. Perintis Kemerdekaan Kota Tegal.

Acara dimulai dengan pemutaran video profil sekolah, pembacaan tilawah, sholawat, dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Berikutnya wisudawan wisudawati dikirab menuju panggung dan membacakan Juz 30 surat Adh Dhuha sampai Al Bayyinah serta do’a senandung Al Qur’an. Demonstrasi wisuda dipandu oleh Ustadz Abdul Aris, S.Pd. selaku Pengurus Metode Iqro Kota Tegal. Beberapa hadirin mengajukan pertanyaan terkait pembelajaran Al Qur’an kepada wisuda yang dipilih secara acak.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Tegal, Dewi Umaroh, S.Psi.,M.H., "SDIT Usamah itu satu satunya sekolah yang literasinya keren." Ujar Dewi Umaroh, S.Psi.M.H. Beliau secara pribadi memberikan apresiasi luar biasa kepada siswa siswi SDIT Usamah karena menjadi satu-satu nya sekolah dengan tingkat literasi yang tinggi dengan dibuktikan dari karya yang ditorehkan siswa nya yang termuat dalam buku. 

Hadir pula dalam acara tersebut perwakilan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal Bapak Karisun, S.Ag, M.Pd.I , Pengawas Sekolah Dabin Panggung, Ahmad Maskur, M.Pd. , Kepala Metode Iqro, Abdul Aris, S.Pd. I, Badan Koordinasi LPQ Kota Tegal, Bapak Iskandar, Budayawan Tegal, Drs. Atmo Tan Sidik, Manajer Operasional Yayasan Ribathul Ukhuwwah, Isya Imanuddin, S.Hut., Manajer Pendidikan Yayasan Ribathul Ukhuwwah, Nurbaeti, S.T.P., S.Pd., Manajer Humas Yayasan Ribathul Ukhuwwah dan Ketua Komunitas Jejak Pena SIT Usamah, Diani, S.Pd., Kepala SDIT Usamah, Kota Tegal, Nurcholis, S.Pd.I., Kepala TPQ Usamah Bin Zaid, Retno Susanti, S.Pd.Gr, Kepala RA 1 Usamah, Siti Rodiyah, S.Pd.AUD, Kepala RA 2 Usamah, Fathimah, S.Pd., Kepala Baitul Qur'an (BAQU) Ukhuwah, Sugiarti, S.Pd.SD., Kepala Unit Usaha Ukhuwah, Diah Muliani, S.Pd. 

Berikutnya, sambutan dari bapak Drs. Atmo Tan Sidik dilanjutkan dengan penyerahan karya antologi angkatan 18 dipandu oleh Manajer Humas sekaligus Ketua Komunitas Jejak Pena SIT Usamah Diani, S.Pd. Buku antologi bertajuk ‘Ubah Hidup Jadi Lebih Indah dengan Memaafkan’ diserahkan oleh Kepala SDIT Usamah Nurcholis, S.Pd.I, kepada para tamu undangan.

Pada acara inti yaitu prosesi wisuda, wisudawan dan wisudawati dipanggil satu persatu dengan profil dan karakter mereka. Mereka membawakan lagu Himne TPQ dan Ayah dan Ibu yang diiringi dengan tampilan puisi. Mereka juga membacakan Ikrar TPQ serta Ikrar Alumni. Selanjutnya, para wisuda berkesempatan untuk menyerahkan bunga kepada orangtua mereka masing-masing yang sedang duduk di kursi pengunjung.

Dalam acara tersebut, adapula tampilan Hadroh SDIT Usamah dari ekskul hadroh, sambutan 3 bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris dari siswa kelas 6, penyerahan secara simbolis kenang-kenangan dari Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG), serta penyerahan penghargaan bagi karya antologi terbaik, peraih IMTAS terbaik, Lulusan terbaik, serta hafalan terbanyak. Acara ditutup dengan sungkeman dan do’a.

“Acara ini bertujuan sebagai prosesi melepas masa Sekolah Dasar sekaligus apresiasi terhadap siswa yang telah berjuang susah payah selama 6 tahun di bangku sekolah dasar dengan berbagai permasalahan yang dihadapi di SDIT Usamah,” ungkap Ubaidillah Naufal Hanif selaku Koordinator acara.

“Kami berharap semoga ananda solih sholihah tetap menjaga amal ibadah, berbakti kepada orang tua, meneruskan kebiasaan baik dalam bersikap dan terus melanjutkan prestasi yang sudah dimiliki.” pungkas Naufal

Share on Google Plus

About JSIT Jateng

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar